Buku "Mayoritas Ulama: Hadits Ahad Bukan Dalil Akidah"

Minggu, Juni 04, 2017
0

"Buku yang ditulis oleh Ustadz Azizi Fathoni, seorang ulama’ muda yang memiliki khazanah keilmuan Islam tradisional, dan kedalaman referensi, sekaligus aktivis Hizbut Tahrir Indonesia ini sangat penting untuk dikaji. Karena dengan basis keilmuan dan kedalaman referensinya, Ustadz Azizi Fathoni telah berhasil menghimpun berbagai pandangan ulama’ di masa lalu tentang penggunaan Hadits Ahad dalam masalah akidah. Tidak hanya sampai di situ, beliau juga telah berhasil menyajikan, sekaligus membuktikan, bahwa mayoritas ulama’ itu sepakat, bahwa akidah harus dibangun dengan dalil yang qath’î. Mereka juga sepakat, bahwa Hadits Ahad tidak bisa menghasilkan keyakinan. Karena itu, tidak bisa digunakan untuk membangun akidah.
Kajian, paparan dan pembuktian seperti ini penting, terlebih karena kajian ini terkait dengan salah satu dasar, yang paling mendasar dalam berakidah, yaitu dalil. Penting, terutama di tengah berbagai upaya yang dilakukan oleh kaum Kafir untuk terus-menerus menghembuskan dan mengawetkan perselisihan di tengah-tengah kaum Muslim. Dengan target yang jelas, memecah belah persatuan umat Islam, agar tetap bisa dijajah. 
Karena itu, kajian, paparan dan pembuktian ini diharapkan tidak sekedar menjadi kajian akademis, atau sekedar knowledge. Tetapi, kajian, paparan dan pembuktian ini diharapkan bisa menjadi dasar bagi umat, yang hendak meniti kebangkitan dan meraih kemuliaan sebagai umat terbaik. Pada saat yang sama, kajian, paparan dan pembuktian ini bisa memberikan alternatif untuk mengisi keterbatasan khazanah kita. Dengan begitu, kita bisa bersikap adil dan prosorsional terhadap orang lain yang berbeda dengan kita. Sekaligus membandingkan, mana yang kuat di antara pendapat kita, dengan mereka. 
Semoga buku ini bermanfaat, dan Allah Subhânahu wa Ta’âlâ membalas penulisnya dengan pahala kebaikan yang berlipat ganda. Âmîn."

Bogor, 26 Juli 2016 M
21 Syawwal 1437 H

KH. Hafidz Abdurrahman, MA

0 comments:

Posting Komentar